Tanggal Posting

  • June 17, 2016

Share

BUKU UNTUK NEGERIKU

BUKU UNTUK NEGERIKU

 

Pada 20 Juli 2016 nanti UGM akan menerjunkan sebanyak 5.813 mahasiswa/mahasiswinya untuk mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Ribuan mahasiswa/mahasiswi tersebut akan disebar di 33 provinsi, 108 kabupaten/kota, 179 kecamatan, dan 276 desa di seluruh pelosok Indonesia. Tim KKN-PPM UGM ini akan bergabung dengan masyarakat hingga 2 bulan lamanya.

Penerjunan Tim KKN-PPM UGM periode ini akan diresmikan oleh Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, dengan upacara simbolis berupa pemecahan 7 buah kendi. Mereka juga akan turut serta dalam peluncuran program Buku untuk Negeriku. Sebanyak 13.490 buku terbitan UGM Press akan dibagikan secara gratis ke berbagai lokasi kegiatan KKN-PPM UGM 2016. Selain Rektor dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, acara ini juga akan dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Suratman, mengatakan bahwa program Buku untuk Negeriku merupakan program kedua Badan Penerbit dan Publikasi UGM bekerja sama dengan UGM Press yang bertujuan untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan hingga ke seluruh pelosok Nusantara melalui buku-buku terbitan UGM Press.

“Program Buku untuk Negeriku ini,” kata Kepala Badan Penerbit dan Publikasi UGM, Harno Dwi Pranowo, “sudah menjadi program bagi kami untuk berbakti pada negeri ini. Kita semua dapat menikmati luasnya ilmu pengetahuan melalui buku-buku kami, bahkan masyarakat di pelosok Nusantara pun dapat membaca buku-buku dari UGM Press sebagai penerbit milik UGM.”

Kepala Bidang Penerbitan dan Percetakan UGM Press, M. Agung Bramantya, mengatakan bahwa minat membaca buku di Indonesia, terutama di pelosok Nusantara, masih sangat kurang karena terbatasnya media. “Program Buku untuk Negeriku ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat agar dapat membuka jendela dunia seluas-luasnya. UGM Press hadir untuk masyarakat dengan buku-buku terpercaya,” paparnya.

Diharapkan kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara terus-menerus sehingga menguatkan visi kerakyatan UGM Press sebagai gudang ilmu untuk rakyat dalam pengabdian kepada bangsa Indonesia.