Tanggal Posting

  • October 31, 2015

Share

LAUNCHING DAN BEDAH BUKU “MENGEMBANGKAN PROFESI ANALIS KEBIJAKAN”

LAUNCHING DAN BEDAH BUKU  “MENGEMBANGKAN PROFESI ANALIS KEBIJAKAN”

Sebagai bagian dari upaya pengembangan ilmu pengetahuan, Magister Administrasi Publik (MAP) UGM dan Institute of Governance and Public Affairs (IGPA) bekerja sama dengan UGM Press mengadakan launching dan bedah buku berjudul “Mengembangkan Profesi Analis Kebijakan”. Buku yang ditulis oleh Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo, Prof. Dr. Agus Pramusinto, Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si,, Dr. Nanang Pamuji Mugasejati, Dr. Ambar Widaningrum, MA., dan Indri Dwi Apriliyanti, MBA ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi profesi analis kebijakan.

 


 

Analis kebijakan adalah profesi baru di lingkungan pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) yang ditempatkan di kementerian, LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian), dan pemerintah daerah. Profesi ini dibentuk secara resmi melalui penerbitan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PANRB) No. 45 Tahun 2013. Profesi analis kebijakan pada akhirnya diharapkan dapat membantu pemerintah untuk mereformasi proses pembuatan regulasi dan kebijakan publik sehingga berbagai kebijakan yang diambil oleh pemerintah mampu bersifat inklusif, berbasis bukti yang empiris dan ilmiah, serta berorientasi pada kepentingan publik.

 


 

Secara komprehensif, buku “Mengembangkan Profesi Analis Kebijakan” ini membahas tentang gambaran umum kebijakan publik dan struktur pembuatan kebijakan publik di Indonesia. Tidak hanya itu, buku ini juga mendiskusikan peran analis kebijakan dalam lingkungan Indonesia yang demokratis dan majemuk beserta ancaman dan tantangan yang dihapadi oleh Indonesia di tengah arus globalisasi. Secara khusus buku ini juga mendeskripsikan pekerjaan, jabatan, keluaran pekerjaan, dan kompetensi yang dibutuhkan dari seorang analis kebijakan.

 


 

Launching dan bedah buku “Mengembangkan Profesi Analis Kebijakan” dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 31 Oktober 2015 di Ruang Seminar MAP UGM, Jalan Prof. Dr.  Sardjito, Sekip pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Adapun para ahli di bidang kebijakan yang akan menjadi pembedah buku ini antara lain Prof. Eko Prasojo (Guru Besar Universitas Indonesia), Dr. Adi Suryanto (Kepala Lembaga Administrasi Negara) dan Drs. Setya Utama, M.Si (Sekretaris KementerianSekretariat Negara). Dari pihak penulis, akan diwakilkan oleh Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si., dan Dr. Ambar Widaningrum, MA.

 


 

Pada akhirnya, launching dan bedah buku ini diharapkan dapat memperkaya khasanah keilmuan terutama di bidang kebijakan publik. Penekanan pembahasan profesi analis kebijakan di buku ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan oleh seorang analis kebijakan.