Tanggal Posting

  • May 25, 2016

Share

UGM PRESS MENERBITKAN BUKU TENTANG TAMAN NASIONAL

UGM PRESS MENERBITKAN BUKU TENTANG TAMAN NASIONAL

 

kiri ke kanan: Satyawan Pudyatmoko, Dekan Fakultas Kehutanan UGM. Rudijanta Tjahja Nugraha, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Pengelolaan Kawasan Konservasi Direktorat KSDAE Kementerian LHK. Okti Fathony Purnama, penulis buku "Cerita dari Timur". Novitasari Ratna Dewi, penulis buku "Cerita dari Timur". Cahyo Alkantana, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Percepatan Pengembangan Wisata Petualangan. Rama Ardana Astraatmaja, editor buku "Cerita dari Timur". Dyah Ratna Widi Atmaja, penulis buku "Cerita dari Timur". Indra Hermawan, penulis buku "Cerita dari Timur". Febrian Aditya Nugraha, Ketua Umum Mapala Silvagama.

Yogyakarta, 20/05/2016

Buku berjudul Cerita dari Timur terbitan UGM Press (Gadjah Mada University Press) resmi dirilis oleh Mapala Silvagama Fakultas Kehutanan UGM dalam acara Seminar Hasil Ekspedisi Taman Nasional dan Launching Buku Cerita dari Timur yang diadakan di Auditorium Fakultas Kehutanan UGM pada tanggal 2 Mei 2016, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Buku ini ditulis oleh empat anggota Mapala Silvagama, yakni Indra Hermawan, Novitasari Ratna Dewi, Okti Fathony Purnama, dan Dyah Ratna Widi Atmaja.

Buku ini merupakan buah dari perjalanan tim Ekspedisi Taman Nasional Mapala Silvagama yang diadakan di empat taman nasional timur Nusantara, yakni Taman Nasional Wasur, Taman Nasional Lore Lindu, Taman Nasional Aketajawe Lolobata, dan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung pada tahun 2014 silam.

Buku ini mengulas bagaimana keempat kawasan pelestarian alam di timur Nusantara menjadi cerminan dinamika yang terjadi pada taman nasional di seluruh Indonesia. Selain pada topik yang diangkat, potret-potret pada setiap taman nasional tentunya menjadi suguhan yang menarik dari buku ini.  “Buku ini merupakan salah satu cara kami dalam melaksanakan tanggung jawab moral sebagai mahasiswa Kehutanan, yakni dengan mengulas taman nasional dan memperkenalkannya kepada khalayak luas,” tutur Novitasari dalam acara launching buku Cerita dari Timur.

“Buku ini merupakan hasil semangat yang luar biasa. Ini menjadi salah satu kebanggaan Mapala Silvagama dan tentunya Universitas Gadjah Mada,” papar Cahyo Alkantana (Underwater Cinematographer, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Percepatan Pengembangan Wisata Petualangan) selaku pembicara dalam launching buku tersebut.

Acara Seminar Hasil Ekspedisi Taman Nasional dan Launching Buku Cerita dari Timur turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Kehutanan UGM, perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, beberapa kepala balai dan perwakilan dari taman nasional di Indonesia, Kepala BKSDA Yogyakarta, dosen Fakultas Kehutanan UGM, mahasiswa, dan tamu undangan lain.

Menurut Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo, M.Si., selaku Kepala Badan Penerbit dan Publikasi UGM mengenai terbitnya buku ini, “Mahasiswa telah bersama-sama mengulurkan kontribusi untuk ikut mencerdaskan bangsa, khususnya mengenai kawasan konservasi di Indonesia.”

“Dengan terbitnya buku ini, para mahasiswa terbukti dapat menghasilkan karya yang luar biasa hebat. UGM Press sangat mengapresiasi upaya mahasiswa Mapala Silvagama ini, dan diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk menerbitkan buku-buku berkualitas di UGM Press,” tambah M. Agung Bramantya, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D. (Kepala Bidang Penerbitan dan Percetakan UGM Press).

Setiap taman nasional di Indonesia memiliki kisah ataupun permasalahan yang berbeda-beda. Harapannya, melalui buku ini masyarakat akan semakin peduli terhadap taman nasional dan sadar bahwa taman nasional merupakan milik semua masyarakat di Indonesia.