UGM PRESS

Berbudaya luhur dan penuh pesona, telah sekian lama kota ini menjadi citra sebagai salah satu simbol Negara Indonesia, sebuah kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai keluhuran dan kearifan. Siapa yang tak mengenal kota ini? Yogyakarta memang kota yang istimewa. Adanya berbagai universitas di kota ini semakin mengukuhkan bahwa Yogyakarta memang layak mendapat julukan kota pelajar. Setiap tahunnya kota ini menjadi tujuan banyak orang untuk menuntut ilmu dalam berbagai tingkat pendidikan, khususnya universitas. UGM menjadi pilihan utama dari sebagian masyarakat.

Universitas Gadjah Mada adalah universitas yang selalu berinovasi dalam meningkatkan kualitas dan eksistensinya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Satu hal yang membuktikan, yaitu pada tahun 1960 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poltik UGM telah berinisiatif untuk mendirikan jasa percetakan. Tanggal 30 Juni 1971, dengan dikeluarkannya SK Rektor UGM No. UGM/40/P/C, percetakan tersebut resmi dikenal sebagai Gadjah Mada University Press atau UGM Press, yang beralamat di Jalan Grafika No.1, Kampus Universitas Gadjah Mada, Bulaksumur. Sejak berdiri pada tahun 1971 hingga Juni 2013 UGM Press dikembangkan sebagai Unit Usaha Universitas Gadjah Mada.

Berdirinya UGM Press bertujuan untuk mengembangkan kepentingan akademik, pendidikan, dan kultural, serta mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa, khususnya di bidang pendidikan dan mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Oleh karena itu, sejak bulan Juni 2013 UGM Press yang semula berbentuk unit bisnis berubah menjadi Unit Penunjang Universitas di bawah naungan Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Perkembangan UGM Press yang sangat pesat mendorong UGM Press untuk mewujudkan visi menjadi badan usaha berkelas dunia yang mandiri, berdedikasi, serta mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa, khususnya di bidang pendidikan, tentunya melalui sebuah misi menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang berkualitas, dalam rangka menempatkan diri sebagai mitra terpercaya untuk mencerdaskan bangsa.

UGM Press terbukti menjadi salah satu penerbit perguruan tinggi di Indonesia yang diakui oleh Southeast Asia University dilihat dari jumlah buku yang diterbitkan. Setiap tahun buku terbitan UGM Press terus meningkat. Terhitung dari tahun 1971 sampai 2015, sebanyak 2.000 judul buku telah diterbitkan.

Saat ini UGM Press menggagas dibentuknya komunitas baca lewat kampanye “Ayo Beli Buku Asli” karena  dengan meningkatnya pembelian buku asli pasti akan berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas menulis buku.